Sabtu, 15 Juni 2013

WWW Security

WWW Security
Apa itu www? www adalah sebuah media bagi orang-orang untuk dapat berbagi dokumen, gambar, film, musik dan informasi kepada para pengguna www , serta menjual barang dan jasa seseorang.  www merupakan singkatan dari world wide web. Menurut website ini http://adibowo.com/ defenisi www adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URL). Adapun fungsi www adalah menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama oleh pengguna website. Biasanya www seringkali dianggap sama dengan internet padahal www merupakan bagian dari internet.
Dalam Arsitektur Website, www terdiri dari 2 pihak yaitu server dan clien. Pengertian Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer kepada client. Sedangkan client adalah client yang menerima layanan dari server. Adapun contoh dari server yaitu Apache. Dan terdapat pula contoh dari clien adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Safari, dan lain-lain.
Asumsi-asumsi dari pengguna  web server, antara lain sebagai berikut :
·         Pengguna yang menggangap bahwa server dimiliki dan dikendalikan oleh orang yang mengaku memiliki server tersebut.
·         Pengguna yang menggangap dokumen yang diberikan oleh server bersifat aman atau bebas dari virus untuk digunakan sesuai kebutuhan pengguna itu sendiri.
Asumsi-asumsi dari web server untuk pengguna, antara lain sebagai berikut :
·         Web server yang  menganggap bahwa penggunanya tidak berniat untuk melakukan pengrusakan pada web server atau mengubah isi dari web server tersebut.
·         Web server yang  menganggap bahwa penggunanya hanya mengakses dokumen-dokumen yang diperkenakan untuk diakses oleh pengguna web server.
·         Web server selalu menganggap bahwa identitas yang dimasukan oleh pengguna adalah identitas asli dari pengguna web server tersebut.
Asumsi-asumsi dari Web server dan Pengguna Web Server, antara lain sebagai berikut :
·         Pengguna dan Web server menganggap bahwa komunikasi yang dilakukan hanya untuk 2 orang saja dan tidak ada orang ketiga yang mendengarkan komunikasi tersebut.
·         Pengguna dan Web server menganggap bahwa informasi yang diberikan oleh kedua pihak terjamin keutuhannya dan tidak dapat dimodifikasi atau diubah-ubah oleh orang ketiga.
Ancaman yang biasa terjadi di Halaman Web , antara lain sebagai berikut
·         Ancaman yang sering terjadi pada halaman web adalah banyaknya orang dapat melakukan pengubahan tampilan halaman web.
·         Ancaman yang sering terjadi pada halaman web adalah terjadinya data server yang dapat diubah oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Data server dapat diubah dengan beberapa cara, antara lain :
1.       Masuk keserver dan ubah data server secara manual
2.       Mengubah data melalui database
·         Ancaman yang sering terjadi pada halaman web adalah seringnya informasi yang bocor kepada pihak lain.
·         Ancaman yang sering terjadi pada halaman web adalah seringnya terjadi penyadapan informasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab.
·         Ancaman yang sering terjadi pada halaman web adalah seringnya terjadi serangan DOS Attack.
Penanggulangan dari ancaman yang dapat terjadi pada halaman web, antara lain sebagai berikut :
·         Pemberian akses control
1.       Hanya IP Address tertentu yang dapat mengakses Halaman web  tersebut.
2.       Pengguna harus memasukan User Id atau Password untuk dapat masuk ke halaman web tersebut.
3.       Pengguna Harus menggunakan token untuk keamanan halaman web tersebut.

·         Secure Socket Layer (SSL)
1.       Menggunakan enkripsi untuk mengamankan transmisi data pada halaman web tersebut.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar