Senin, 24 Juni 2013

AntiVirus

AntiVirus
Menurut saya, Pengertian dari antivirus adalah sebuah  program aplikasi yang digunakan untuk mendeteksi dan membasmi segala sesuatu yang terkena virus yang ada didalam komputer. Contoh-contoh antivirus yang dikenal saat ini, antara lain :
1.       Kaspersky
Kaspersky dibuat oleh Eugene Kaspersky pada tahun1989. Alasan mengapa antivirus dibuat karena Eugene Kaspersky mendapat pertama kali serangan virus ke komputernya. Sedangkan nama perusahaan Kaspersky lab muncul pada November tahun 2000, yang didirikan oleh Natalia Kaspersky.
2.       Smadav
Smadav dibuat oleh seorang pelajar yang masih duduk di sekolah menengah umum, yang bernama Zainuddin Nafarin pada tahun 2006. Alasan mengapa dinamakan antivirus smada
Karena sang penemu berasal dari SMAN-2 Palangkaraya atau biasa disebut smada. Jadi penemu memberi nama Smada+AV yang merupakan Smada antivirus.
3.       Avast
Antivirus Avast dikembangkan oleh Alwil Software yang berada di kota praha, Republik Ceko. Avast pertama kali dirilis pada April tahun 1988 untuk digunakan pada komputer yang sistem operasinya Windows x64.

Jenis-jenis antivirus berdasarkan penggunaannya ada 2 macam, yaitu :
1.       Home user
Home user merupakan antivirus yang bekerja untuk melindungi satu komputer saja. Antivirus home user paling sering kita gunakan untuk melindungi komputer kita sendiri.
2.       Network user
Network user merupakan antivirus yang digunakan untuk melindungi komputer-komputer yang berada dalam satu jaringan. Antivirus tersebut dijalankan oleh komputer server dan dapat digunakan untuk melakukan scanning komputer-komputer client dan network drive yang di pasang dalam jaringan tersebut. Untuk melakukan update antivirus, cukuplah server saja yang melakukan update tersebut sehingga komputer client tidak perlu terkoneksi ke internet.

Sedangkan jenis-jenis antivirus berdasarkan cara memperolehnya ada 4 macam, antara lain sebagai berikut :
1.       Free antivirus
Free antivirus adalah antivirus yang didapat atau di download secara gratis. Antivirus ini dapat kita update secara berkala dan gratis, namun antivirus ini diberi batasan fasilitasnya oleh pemilik antivirus sehingga untuk memperoleh fasilitas penuh kita harus membayarnya.
2.       Trial antivirus
Trial antivirus adalah antivirus yang diperoleh secara gratis, namun hanya bisa digunakan dalam jangka waktu tertentu. Biasanya antivirus ini memberikan fasilitas yang full service bagi penggunanya.
3.       Donation antivirus
Donation antivirus adalah antivirus yang diperoleh dengan cara menyumbangkan sejumlah besar dana kepada pembuat program. Biasanya pemilik antivirus menentukan batasan minimum yang harus didonasikan kepada pembuat program tersebut.
4.       Paid antivirus
Paid antivirus adalah antivirus yang diperoleh dengan cara membayar dengan harga tertentu. Antivirus ini memberikan fasilitas yang full service kepada penggunanya untuk melindungi komputernya. Biasanya paid antivirus ini memiliki masa expired sehingga untuk memperpanjang masa berlaku antivirus, kita harus membayar lagi ke pemilik antivirus.

Agar komputer kita terhindar dari virus, maka kita harus memasang antivirus yang handal.  jika ada virus yang tidak sengaja masuk ke komputer kita, maka antivirus akan bekerja secara cepat untuk mencegah virus masuk dan memberitahukan kepada pengguna bahwa ada virus yang berusaha masuk dan sudah dicegah. Antivirus yang kita pasang tersebut harus selalu diupdate sehingga pengetahuan antivirus akan virus-virus baru menjadi bertambah dan antivirus tersebut bisa membasmi virus-virus baru yang datang menyerang. Untuk dapat melakukan update, antivirus yang kita pasang tidak boleh yang bajakan harus yang benar-benar original atau free dari pemiliknya. Kita juga dapat membantu pemilik antivirus untuk menambah pengetahuan antivirus tersebut dengan cara mengirimkan file-file yang kita anggap virus untuk diteliti lebih lanjut oleh pemilik antivirus.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar