Rabu, 26 Juni 2013

Cryptography

Cryptography

Menurut saya, cryptography merupakan salah satu ilmu yang aman untuk mengirimkan informasi kepada seseorang tanpa ada orang lain yang tahu apa isi dari informasi itu. Dan cryptography  juga sering digunakan oleh para pengusaha untuk mengirimkan email penting kepada klien mereka agar orang lain tidak mengetahuinya.  Dan dalam cryptography juga bisa digunakan untuk mengubah password sebuah komputer kita agar orang tidak mengetahui dan  tidak dapat mengubah2 apa yang ada didalam komputer kita.

Cryptography itu bagian dari Enkripsi, enkripsi adalah mengamankan data dengan mengacak data sehingga sulit untuk dibaca oleh orang lain. Enkripsi juga memastikan bahwa data yang dikirimkan melalui enkripsi atau cryptography tidak akan mengubah isi dari informasi tersebut, memastikan identitas seseorang sebagai pengguna atau pemilik yang sah dari pengguna enkripsi.

Sistem Cryptograhpy dikarakteristik dalam 3 dimensi  independen adalah :
·         Tipe dari operasi digunakan untuk mengubah plaintext ke cipertext.
·         Banyaknya kunci yang digunakan
·         Dengan cara pemrosesan plaintext

Tujuan dari cryptography,antara lain sebagai berikut:
-          Deter (Menghalangi ) adalah menghalangi  seseorang untuk mengetahui apa informasi yang dikirimkan kepada klien.
-          Prevent (Mencegah) adalah mencegah orang untuk bica membaca isi informasi yang dikirmkan melalui cryptography.
-          Detect (Menemukan ) adalah Menemukan cara yang aman untuk mengirimkan informasi tanpa diketahui oleh orang yang tak bertanggung jawab.
-          Correct (Membetulkan) adalah Memperbaiki sebuah kata yang telah di enkripsi sebuah informasi tersebut.

Komponen-komponen dari cryptography,antara lain sebagai berikut :
-          Menyiapkan (Plaintext )adalah sumber pesan atau  text asli dari pengirim sebuah informasi yang belum di lakukan eknripsi atau cryptography.
-          Dirubah (Cipohertext) adalah teks yang sudah dilakukan proses enkripsi sebelum dikirimkan kepada klien yang akan menerima informasi tersebut.
-          Membutuhkan kunci dan algoritma adalah sebelum ubah menggunakan enkripsi kita harus menggunakan sebuah kunci dan algoritma untuk diubah menjadi pesan crptography.

Metode dari Cryptograhpy,antara lain sebagai berikut :
-          Subtstitusi adalah menggantikan karakter dengan karakter yang lain berdasarkan kunci – kunci yang tertentu.
-          Transposisi adalah merubah susunan kata berdasarkan kunci dan sebuah algoritma yang telah ditentukan.

Orang yang biasa menggunakan seni ilmu cryptography juga memiliki sebutan Cryptographer sedangkan Cryptoanalysts adalah orang yang menggunakan kriptanalis seni dan ilmu dalam memecahkan chipertext pada Cryptography.Sistem Cryptogrhapy atau algoritma Cryptograhpy adalah sebuah algoritma cryptography dan ditambah juga oleh kemungkinan plaintext,chipertext dan kunci algorima untuk mengubah sebuah informasi yang semula menjadi sebuah informasi dalam bentuk yang telah diubah menggunakan Cryptography.  Kebanyakan orang menggunakan seni ilmu yang menggunakan Cryptography karena lebih memudahkan seseorang unuk mendapatkan informasi yang seseuai tanpa dan informasi tersebut tidak dapat dilihat oleh orang lain karena harus di enkripsi dulu baru seseorang dapat membaca isi dari informasi tersebut. Di dunia cryptography ada beberapa teknik yang digunakan. Berikut ada beberapa teknik dasar yang dikenal :

1.       Caesar cipher adalah teknik yang diperkenalkan oleh Julius Caesar denganmengubah huruf-huruf yang terdapat pada plain text menjadi huruf-huruf lain secara konsisten.
2.       Monoalphabetic cipher adalah teknik yang menggunakan kunci string sebagai kuncinya. Dalam penerapannya, huruf-huruf kunci yang kembar tidak digunakan kembali dan digantikan oleh huruf abjad yang belum terpakai.
3.       Polyalphabetic cipher adalah teknik yang menggunakan kunci string menjadi kuncinya. dan dalam penerapannya, teknik ini juga menggunakan rumus-rumus seperti rumus yang digunakan oleh Caesar cipher. Teknik ini berbeda dengan monoalphabetic cipher. Perbedaan tersebut dilihat dari penggunaan kuncinya dimana kuncinya ditulis secara berulang-ulang sampai masing-masing huruf plain text mendapatkan masing-masing huruf kunci.  

Sumber :

·         Dokumen cryptography-catatan oleh Bambang wahyudi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar