Sabtu, 30 Maret 2013

ASPEK KEAMANAN INTERNET


ASPEK KEAMANAN INTERNET
Ada 3 aspek keamanan internet yang biasa diperhatikan agar sistem komputer atau aplikasi yang dapat aman dari beberapa macam gangguan, yaitu :
1.       Aspek Teknis, dipandang dari internet yang adalah gabungan dari perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi.  Dalam aspek teknis ada beberapa ancaman serangan yang mungkin dapat terjadi, antara lain:
a.       Malicious code, adalah kode jahat yang dibuat untuk tujuan merusak sistem komputer yang dimasukki nya. Ada beberapa klasifikasi dari malicious code, yaitu Virus, Worm, dan Trojan Horses.
b.      Vulnerabilities, adalah sebuah kelemahan atau celah yang dimiliki oleh sistem kita yang mengundang seseorang untuk masuk kedalam sistem kita. Salah satu contohnya adalah program-program error yang tingkat keamanannya belum terjamin dan bisa mengundang orang masuk melalui kelemahan atau celah tersebut.
c.       Spam adalah Tulisan-tulisan yang dikirim melalui email oleh orang lain yang sangat menganggu kenyaman kita karena dikirim secara terus-menerus. Contohnya yaitu iklan-iklan yang dikirim secara terus-menerus yang akan membuat kotak masuk email kita semakin banyak.
d.       Spyware adalah program yang dibuat oleh seseorang dengan tujuan merekam atau memata-matai aktivitas sistem komputer kita lalu data-datanya dikirim kembali ke pembuatnya. Spyware biasanya dimasukkan secara sengaja oleh seorang penjahat melalui internet. Atau juga program tersebut dipasang melekat pada sistem aplikasi gratis yang menarik bagi pengguna internet dan ketika kita mendownload secara tidak sengaja program tersebut masuk kedalam komputer kita. Salah satu contohnya adalah program keylogger.
e.      Phishing dan Identify theft  adalah seseorang melakukan pencurian data-data penting kita seperti user name dan password dengan cara melakukan penipuan. Salah satu contohnya,yaitu seorang penjahat mebuat website palsu yang sangat mirip dengan aslinya,seperti kita mengklik situs perbankan yang palsu tapi mirip dengan aslinya diinternet www. Bank Panin.com ketika kita memasukkan user name dan password, maka user name dan password kita terbaca atau tersimpan oleh situs tersebut dan dapat diketahui oleh pemilik website palsu.
2.       Aspek Bisnis dipandang dari segi bagaimana cara menjaga keamanan data-data dalam sistem komputer kita. Dalam aspek bisnis ada beberapa cara menjaga kerahasiaan dan keamanan data dari ancaman serangan yang mungkin dapat terjadi, antara lain:
a.       Manajemen Resiko adalah membuat dan mengidentifikasi resiko-resiko yang akan terjadi pada sistem komputer kita jika keamanannya tidak terjamin. Setelah mengidentifikasi kita harus membuat rencana cadangan untuk mengatasi permasalahan tersebut.
b.      Analisa keuntungan dan biaya adalah membandingkan biaya pengamanan dengan kerugian yang kita peroleh.
c.       Governance Requirements adalah membuat atau menyusun susunan daftar orang-orang yang menjaga keamanan sistem.
d.      Digital Asset Management adalah berusaha mengatur rencana pengamanan data-data digital yang kita miliki.
e.      Standard and Policy Enforcement adalah membuat peraturan atau kebijakan, standar keamanan sistem.

3.       Aspek Sosial dipandang dari segi penggunanya seringkali ceroboh dalam mengguna sistem sehingga memungkinkan adanya kerawanan sistem. contoh penanggulannya antara lain:
a.       Membuat aturan yang harus dipatuhi oleh seluruh karyawannya untuk menganti password secara periodic supaya sistem keamanannya terjamin.
b.      Pressure vs Education adalah memberikan pendidikan atau mengadakan seminar untuk karyawan mengenai dampak-dampak negative dari kebiasaan-kebiasaan pengguna komputer yang tidak baik. Atau membuat banyak tekanan kepada pegawai untuk menghilangkan  kebiasaan buruknya.
c.       Reward vs Punisment adalah memberikan penghargaan untuk orang yang membantu menjaga keamanan sistem. atau memberikan hukuman kepada yang tidak mematuhi peraturan atau tidak menjaga keamanan sistem kita.
Referensi :

·           E-book Meneropong Isu Keamanan Internet oleh Richardus Eko Indrajit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar